Penataan Produk Kurikulum 2013 Revisi 2017



https://bisnisonline.guruindonesia.id/
Penataan Produk Kurikulum 2013 Revisi 2017

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Bidang Keahlian             : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian           : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian     : Bisnis Daring dan Pemasaran (C3)
Mata Pelajaran                : Penataan Produk
Jam Pelajaran                : 348 JP (@ 45 Menit)
Kelas                              : XI / XII


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.  Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis Daring dan Pemasaran Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik  di
bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,

membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.




KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1       Memahami penataan produk, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
4.1       Melakukan pengelompokan penataan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket,
fashion dan sport
3.2       Merencanakan tampilan barang dalam penataan produk supermarket, fashion ,sport, drink, food, fresh dan kosmetik, fashion dan sport
4.2      Menyusun rencana tampilan produk , drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashon dan sport
3.3       Menganalisis berbagai atribut produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan soprt
4.3      Menyajikan berbagai atribut produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
3.4       Menganallisis data spesifikasi produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
4.4      Menyajikan data spesifikasi produk produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan
sport
3.5       Menganalisis karakteristik produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
4.5       Menentukan data karakteristik produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
3.6       Menganalisis Pelabelan/ barcode produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
4.6      Melakukan Pelabelan/ barcode produk drink, food, fresh dan kosmetik di di supermarket fashion dan sport
3.7       Menganalisis layout/ planogram penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket fashion dan sport
4.7       Menganalisis layout/ planogram penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket fashion dan sport
3.8      Menganalisis elemen desain dan visual dispalay produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket , fashion dan sport
4.8      Membuat elemen desain dan visual untuk display produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket , fashion dan sport
3.9       Menganalisis berbagai jenis fixture yang digunakan pada penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
4.9      Menyajikan fixture penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket


3.10   Menerapkan       SOP penataan produk produk drink, food, fresh dan kosmetik di
supermarket
4.10 Melaksanakan penataan Produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket berdasarkan SOP perusahaan
3.11   Menganalisis ide2 inovatif dalam penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
4.11 Melaksanakan ide2 inovatif dalam penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
3.12 Menerapkan prosedur perawatan secara berkala produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket,
fashion dan sport
4.12 Melakukan perawatan produk secara berkala produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
3.13  Menerapkan  pengaturan tempat kerja, menjaga kebersihan area kerja produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
4.13 Menata tempat kerja, menjaga area kebersihankerja, produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport

3.14 Menganalisis stock floor sesuai SOP, produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
4.14 Membuat laporan stock floor sesuai SOP produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
3.15 Menerapkan keamanan toko dan meminimalkan resiko kerugian produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport sesuai SOP
4.15 Melakukan keamanan  toko dan meminimalkan resiko kerugian produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport sesuai SOP
3.16 Mengevaluasi tampilan penataan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport sesuai SOP
4.16 Melakukan perbaikan tampilan penataan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan
sport sesuai SOP
3.17 Menganalisis promosi penataan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket,
fashion dan sport
4.17   Melakukan  perbaikan promosi produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion.
3.18 Menganalisis loyalitas pelanggan loyalitas pelanggan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
4.18 Menjaga hubungan dan loyalitas pelanggan loyalitas pelanggan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport.

Belum ada Komentar untuk "Penataan Produk Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ARTIKEL TERKAIT