4 FAKTOR TERJADINYA PENJUALAN (TRANSAKSI)


4 FAKTOR TERJADINYA PENJUALAN (TRANSAKSI)
WAJIB tau hal ini, agar semangat jualanmu tetap Josss...

Free download eBook : Preview Jualan Asik

Mengapa produkmu LARIS di pasar.??

Tanya kenapa..??

jualan asik, jualan online, bisnis online, jualan modal nol, jualan modal kecil, bisnis modal kecil, bisnis dari rumah, jualan dari rumah, reseller, dropshipper, jualan laris, jualan laris manis, laris manis.  Jualan, Bisnis, Menawar, mahal, Asik, Asyik, online, Rahasia, sosmed, facebook, customer, konsumen, penjual, belajar, mentoring, syarat dan ketentuan, market, evolution, pedagang, pedangang kecil, stok opnam, nem, ipk dan rangking, laris, gak laris, alasan, terbukti, menghasilkan, posting, postingan, omset, penjual, penjualan, laba, rugi, laba rugi, pendidikan, belajar.
Jualan Asik || Boom Bronis Enrekang Sul-Sel
bisnisonline.guruindonesia.id - Laris dan gak laris tidak semata-mata karena persoalan harga tetapi sahabat jualan asik juga harus menyadari atau harus ngeh atau harus mudeng bahwa faktor terjadinya penjualan disebabkan oleh 4 Faktor yang saling mempengaruhi.

Ingat.. 4 Faktor terjadinya penjualan.

Menuju jualan asik maka 4 faktor tersebut harus saling terkait, saling mendukung dan saling memenuhi syarat satu dengan yang lainnya maka jualan anda pasti asik. Mengapa harus jualan asik karena kita tentu sama-sama menginginkan TARGET OMSET terlampaui agar sedekahnya bisa lebih banyak. Aamiin...

4 Faktor Terjadinya Penjualan (Transaksi)


Faktor 1 : Karena penjualnya
jualan asik, jualan online, bisnis online, jualan modal nol, jualan modal kecil, bisnis modal kecil, bisnis dari rumah, jualan dari rumah, reseller, dropshipper, jualan laris, jualan laris manis, laris manis.  Jualan, Bisnis, Menawar, mahal, Asik, Asyik, online, Rahasia, sosmed, facebook, customer, konsumen, penjual, belajar, mentoring, syarat dan ketentuan, market, evolution, pedagang, pedangang kecil, stok opnam, nem, ipk dan rangking, laris, gak laris, alasan, terbukti, menghasilkan, posting, postingan, omset, penjual, penjualan, laba, rugi, laba rugi, pendidikan, belajar.
Jualan Asik || Faktor Penjual-nya yang Asik
1.1 Menguasai produk knowledge 
Anda sebagai penjual harus tau, paham dan mengerti akan manfaat dan keunggulan dari produk yang Anda Jual. Hal ini hukumnya wajib alias harus, jika sampai saat ini Anda masih belum tau maka segeralah untuk “insyaf” untuk langsung memulai mencari tau apa saja keunggulan, kelebihan, perbedaan dari produk Anda.
Jika sudah ketemu, maka…

1.2 Menguasai Teknik PDKT (Interaksi Tingkat Akut) 
PDKT alias kata anak jaman now yang artinya PENDEKATAN klo bahasa para mastah di marketing adalah Patching, Mirroring dan Leading. Yaahh.. begitulah anak jaman now, kita ikut aja dijaman mereka.

Hal-hal yang harus dilakukan untuk menjalin komunikasi dan interaksi yang akut, seperti menyapa pada semua status dan story sosmed dengan menyebutkan nama, memberikan empati dan simpati, mengulang penyebutan pesanan, mendoakan hal-hal baik disetiap akhir interaksi dan jangan sampai terlewatkan "bun-cissss… (senyum)".

1.3 Menguasai Teknik Closing 
Teknik ini wajib dikuasai oleh seorang penjual karena dengan menguasai teknik-teknik closing maka bisa dipastikan tingkat konversi penjualan akan meningkat. Kok bisa..?? iya doong, kan Anda sebagai penjual akan mampu untuk mengarahkan si calon konsumen untuk segera mengambil keputusan membeli.  Dengan meguasai teknik ini maka jumlah customer pun akan semakin bertambah banyak.

1.4 Menguasai Teknik Follow Up 
Follow up itu apasih..?? Sederhananya adalah melakukan kontak lanjutan kepada para calon customer dengan cara-cara atau pola tertentu agar yang tadinya masih ragu untuk membeli bisa segera mengambil keputusan membeli, atau bisa juga dilakukan untuk para customer agar mereka kembali membeli, lebih banyak lagi dan lebih sering lagi.

Sebelum melakukan follow up, Anda sebagai penjual harusnya sudah mendeteksi terlebih dahulu mengenai kebutuhan  dari calon customer jadi bukan lagi sekedar mengetahui keinginan dari para calon customer tapi sudah masuk ke wilayah kebutuhan lalu berikan sedikit modifikasi dalam hal komunikasi dan solusi yang tepat guna.
  
Pertanyaannya, bagaimana cara melakukan follow up yang benar.??
Salah satu triknya adalah dengan menyampaikan PRESUPOSISI atau biasa disebut juga dengan pra-anggapan (asumsi terselubung).

Apa itu presuposisi?
Akan kita bahas lebih mendalam pada artikel-artikel berikutnya, bantu ingatkah yang teman-teman melalui kolom komen di blog ini.


Faktor 2 : Karena Pembelinya
jualan asik, jualan online, bisnis online, jualan modal nol, jualan modal kecil, bisnis modal kecil, bisnis dari rumah, jualan dari rumah, reseller, dropshipper, jualan laris, jualan laris manis, laris manis.  Jualan, Bisnis, Menawar, mahal, Asik, Asyik, online, Rahasia, sosmed, facebook, customer, konsumen, penjual, belajar, mentoring, syarat dan ketentuan, market, evolution, pedagang, pedangang kecil, stok opnam, nem, ipk dan rangking, laris, gak laris, alasan, terbukti, menghasilkan, posting, postingan, omset, penjual, penjualan, laba, rugi, laba rugi, pendidikan, belajar.
Jualan Asik || Faktor Pembeli sesuai target market yang gurih dan asik

2.1 Profiling Calon Pembelinya 
Ini dia nih yang harus dilakukan sebelum buka toko, jika perlu sebelum memutuskan mau jualan apa, hal ini harusnya sudah dilakukan. 

Semacam riset kecil-kecilan saja seperti produk atau jasa yang dijual ini dibutuhkan oleh siapa.?? Pria atau Wanita.?? Usia berapa tahun.?? Yang berpenghasilan berapa.?? Kapan mereka sangat memburu jualan Anda.?? Produk Anda digunakan berapa kali dalam sebulan, atau seminggu atau sehari.?? Hal apa yang dapat kamu berikan kepada para cusomer secara cuma-cuma.?? Apakah jualan Anda mudah untuk diduplikasi.??


2.2 Tentukan Segmentasi Pasar yang Tepat 
Klo kata mbak Google Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

Nah.. keputusan sekarang ada ditangan Anda PILIH SEGMENTASI PASAR MANA, segmentasi menengah kebawah atau menengah keatas.??

Karena hal ini sudah pasti sangat berkaitan dengah penentuan harga jual (set your price better). HARGA merupakan salah satu elemen keunggulan bersaing dari sebuah produk. Banyak orang yang menganggap siapa yang paling murah akan lebih diminati pasar. Tidak sepenuhnya benar kawan.
  
2.3 Tentukan Target Market yang Tepat 
Inilah TANTANGAN TERBESAR bagi penjual pemula, mengapa demikian karena dengan cepatnya menemukan target market yang tepat maka energi jualannya akan tetap bertahan dan terjaga. Termasuk juga penjual yang sudah kawakan, terkadang saat mereka berusaha untuk menumbuhkan customernya akan terasa sangat sulit tapi setidaknya saya dapat sampaikan bahwa ada tiga hal yang harus dilakukan untuk mengatur hal ini yaitu :
(1) Temukan cutomer baru.
(2) Jaga customer yang sudah ada.
(3) Tumbuhkan customer dari yang sudah ada.

Get, Keep and Growth your Customer. Klo penasaran gimana memainkan triknya, akan saya bahas di artikel lainnya suatu saat nanti.

“Don't find customers for your products, find products for your customers.”― Seth Godin


Faktor 3 : Karena Produknya
jualan asik, jualan online, bisnis online, jualan modal nol, jualan modal kecil, bisnis modal kecil, bisnis dari rumah, jualan dari rumah, reseller, dropshipper, jualan laris, jualan laris manis, laris manis.  Jualan, Bisnis, Menawar, mahal, Asik, Asyik, online, Rahasia, sosmed, facebook, customer, konsumen, penjual, belajar, mentoring, syarat dan ketentuan, market, evolution, pedagang, pedangang kecil, stok opnam, nem, ipk dan rangking, laris, gak laris, alasan, terbukti, menghasilkan, posting, postingan, omset, penjual, penjualan, laba, rugi, laba rugi, pendidikan, belajar.
Jualan Asik || Faktor Produk yang Asik
3.1 Better Product 
Set Your Product Better - Mengapa pasar harus membeli dari kita.?? Jangan pernah berharap pasar akan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan kepada mereka kalau produk atau jasa tersebut tidak memiliki kelebihan dibandingkan dengan produk atau jasa yang telah mereka gunakan sebelumnya.

Seandainya mereka adalah pengguna pertama sekalipun. Mereka akan selalu mencari tahu kepada setiap orang yang mereka kenal. Bagaimana pengalaman mereka saat menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan kepada mereka.

3.1 Better Package 
Set Your Package Better – Bisnis yang dikemas dengan bagus, tidak saja membuat bisnis tersebut lebih dipercaya pasar, produknyapun juga diserbu pasar.

Bisnis yang dikemas lebih bagus dari para pesaingnya, lebih mudah mendapatkan kepercayaan pasar. Walaupun mereka belum pernah merasakan produk atau jasanya secara langsung.

Begitu juga dengan produk yang dikemas dengan bagus, pasar umumnya jauh lebih percaya daripada produk yang dikemas apa adanya. Bahkan mereka rela membayar lebih mahal dari harga sewajarnya tanpa complain.

3.1 Better Price 
Set Your Product Better - Di kelas menengah bawah yang mengutamakan kuantitas, harga rendah menjadi  faktor penentu. Di kelas menengah, harga menunjukkan kualitas dari produk. Sebagus apapun produknya, kalau harga murah dianggap tidak wajar maka produk tersebut juga tidak akan diminati. Di kelas atas, harga yang tinggi justru menjadi penanda bahwa produk yang ditawarkan memang untuk kelas premium yang sangat terbatas peminatnya. Itu kata bapak laksita suhud. Keren kan…


Faktor 4 : Karena Penawarannya
jualan asik, jualan online, bisnis online, jualan modal nol, jualan modal kecil, bisnis modal kecil, bisnis dari rumah, jualan dari rumah, reseller, dropshipper, jualan laris, jualan laris manis, laris manis.  Jualan, Bisnis, Menawar, mahal, Asik, Asyik, online, Rahasia, sosmed, facebook, customer, konsumen, penjual, belajar, mentoring, syarat dan ketentuan, market, evolution, pedagang, pedangang kecil, stok opnam, nem, ipk dan rangking, laris, gak laris, alasan, terbukti, menghasilkan, posting, postingan, omset, penjual, penjualan, laba, rugi, laba rugi, pendidikan, belajar.
Jualan Asik || Faktor Penawaran-nya yang Asik & tak tertolak
Kami di Jualan Asik memahami dan menerapkan tiga jenis cara dalam beriklan yang berbau penawaran dan selalu kami gunakan dalam setiap status postingan di akun jualan (toko online) kami.

Tingkat keberhasilan dari teknik ini terletak dari proporsi kemampuan Anda untuk membagi waktu dan jumlah postingannya dan salah satu tipsnya adalah Kurangi Hard Selling perbanyak Soft Selling (tunjukkan manfaat dan keunggulannya terlebih dahulu).

Tiga jenis teknik beriklan tersebut, adalah :

4.1 Hard Selling   
Hard Selling adalah tehnik promosi yang dilakukan secara langsung tanpa pendekatan dan to the point, istilah keren-nya 'take it or leave it', promosi yang memaksa, pilihannya hanya dua 'beli atau gak beli'.

4.2 Soft Selling   
Soft Selling adalah kita tidak melakukan penjualan secara langsung (hard sell) melainkan dengan menawarkan sesuatu yang lain terlebih dahulu, baru setelah itu kita menjual dengan halus.

4.3 Covert Selling   
Covert Selling adalah cara jualan yang terselubung atau tersembunyi atau juga disebut sebuah upaya untuk memberikan informasi jualan secara sekilas kepada pembaca dengan yang ditarget adalah pikiran bawah sadarnya.

Di Jualan Asik seperti itulah kami menerapkan dan memahami faktor-faktor terjadinya closing (transaksi) ke empat faktor tersebut benar-benar harus dapat saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

Semoga bermanfaat…
Seingat Saya, ilmu tak akan berkurang ketika dibagikan. Malah sebaliknya.
jualan asik, jualan online, bisnis online, jualan modal nol, jualan modal kecil, bisnis modal kecil, bisnis dari rumah, jualan dari rumah, reseller, dropshipper, jualan laris, jualan laris manis, laris manis.  Jualan, Bisnis, Menawar, mahal, Asik, Asyik, online, Rahasia, sosmed, facebook, customer, konsumen, penjual, belajar, mentoring, syarat dan ketentuan, market, evolution, pedagang, pedangang kecil, stok opnam, nem, ipk dan rangking, laris, gak laris, alasan, terbukti, menghasilkan, posting, postingan, omset, penjual, penjualan, laba, rugi, laba rugi, pendidikan, belajar.
Jualan Asik
Salam Jualan Asik
🙏😊

Belum ada Komentar untuk "4 FAKTOR TERJADINYA PENJUALAN (TRANSAKSI)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ARTIKEL TERKAIT