6 MANFAAT FOLLOW UP & 6 TRIK ASIK MELAKUKAN FOLLOW UP KE CUSTOMER


6 MANFAAT FOLLOW UP & 6 TRIK ASIK MELAKUKAN FOLLOW UP KE CUSTOMER
Ini cara super asik untuk mengaduk-aduk hati dan perasaan customer.

jualan asik, jualan online, bisnis online, jualan modal nol, jualan modal kecil, bisnis modal kecil, bisnis dari rumah, jualan dari rumah, reseller, dropshipper, jualan laris, jualan laris manis, laris manis.  Jualan, Bisnis, Menawar, mahal, Asik, Asyik, online, Rahasia, sosmed, facebook, customer, konsumen, penjual, belajar, mentoring, syarat dan ketentuan, market, evolution, pedagang, pedangang kecil, stok opnam, nem, ipk dan rangking, laris, gak laris, alasan, terbukti, menghasilkan, posting, postingan, omset, penjual, penjualan, laba, rugi, laba rugi, pendidikan, belajar.
Jualan Asik || Follow Up Asik
bisnisonline.guruindonesia.id – Sebenarnya tugas kita sebagai penjual tuh hanya membuat customer merasa bapper (bapper terhadap produk yang kita jual) lalu komporin agar segera mengambil keputusan membeli, bukan menunda-nunda atau nanti-nanti tapi harus segera membeli sekarang juga.

Emang sih tidak selamanya interaksi tanya-tanya produk jualan tuh langsung closing (transaksi jual beli) tapi terkadang juga harus sengaja ditunda terlebih dahulu (cek stok) atau memang tertunda karena adanya ketidak sepakatan baik itu harga, warna, ataumotif sekalipun.

Intinya potensi closingnya sangat tinggi karena sudah pasti si calon customer adalah Leads (orang yang menyukai produk yang Anda jual) tinggal sedikit lagi untuk mengkonversinya menjadi konsumen lalu Anda up lagi menjadi customer syukur-syukur bisa menjadi Reseller. Keren dan Asik kan…??

Makanya Jualan.. Hehehe…

Dan semua itu hanya bisa terjadi karena kemampuan kita untuk melakukan Follow Up yang baik baik dan benar serta tentunya harus Tetap Asik.

Lalu mungkin pertanyaan Anda bagaimana cara memulai Follow Up itu.?? Oke segera saya akan sampaikan dibawah namun sebelumnya ada baiknya Anda harus tau terlebih dahulu mengenai Manfaat apa yang akan Anda dapatkan jika melakukan Follow UP, cekidot yah brosis…


Manfaat dari sebuah Follow Up menurut para mastah adalah sebagai berikut :

1. Boost Your Sales : Customer yang terlayani dengan baik tentunya akan sangat senang dan puas untuk datang lagi dan belanja lebih banyak lagi (geometrical marketing).

2. Increase Customer Retention : bisnis akan sakit kalau customernya cuman customer sekali beli terus pergi (hit and run), kecuali di bisnis tertentu. Follow up akan membantu merubah customer yang cuman sekali beli, menjadi customer fans, customer loyal atau bahkan menjadi Reseller aktif di toko Anda.

3. Generate Customer Testimonial and Referral : Anda bisa mendapatkan testimoni (ini senjata ampuh buat jualan) atau mendapatkan referal dari dia. Referal maksudnya Anda bisa menanyakan ke customer, “Apakah Anda memiliki rekan, teman, keluarga yang ingin mendapatkan manfaat yang sama dari produk yang kami jual”.

4. Improve your performance : Anda bisa mendapatkan banyak feedback dari suara asli customer (pendapat tulus dari seorang customer) agar Anda bisa memperbaiki produk/jasa yang Anda Jual.

5. Innovate : ada banyak inovasi lahir dari suara pelanggan. Kita harus dengarkan keluhan, kebutuhan, masukan, impian mereka agar kita bisa menciptakan penyempurnaan produk, pengganti produk ataupun produk pendamping buat mereka.

6. Differentiate : jika banyak kompetitor yang tidak melakukan follow up maka hanya Anda dan bisnis Anda yang selalu ada di hati customer.

Hmmm… gurih-gurih asik nih yang namanya follow up, lets enjoy.

jualan asik, jualan online, bisnis online, jualan modal nol, jualan modal kecil, bisnis modal kecil, bisnis dari rumah, jualan dari rumah, reseller, dropshipper, jualan laris, jualan laris manis, laris manis.  Jualan, Bisnis, Menawar, mahal, Asik, Asyik, online, Rahasia, sosmed, facebook, customer, konsumen, penjual, belajar, mentoring, syarat dan ketentuan, market, evolution, pedagang, pedangang kecil, stok opnam, nem, ipk dan rangking, laris, gak laris, alasan, terbukti, menghasilkan, posting, postingan, omset, penjual, penjualan, laba, rugi, laba rugi, pendidikan, belajar.
Jualan Asik || Follow Up PT. SARIPATI PENDIDIKAN INDONESIA
Trik Asik melakukan Follow Up
Follow up biasanya dilakukan setelah 2-3 hari interaksi terputus. Gak usah bingung untuk memulainya karena berikut saya berikan tips follow up yang terbukti menghasilkan closingan bertubi-tubi.

Point utama saat melakukan Follow Up adalah, jangan sampai memberikan kalimat perintah kepada calon pembeli tapi UBAH SEMUA KALIMAT MENJADI KALIMAT TANYA dan PRESUPOSISI atau biasa disebut juga dengan pra-anggapan (asumsi terselubung). Anggap saja bahwa si calon pembeli tersebut telah setuju (deal) dengan semua penawaran yang Anda berikan.

Kalimat perintah yang harus dihidari misalnya :
Penjual : “Kakak.. tolong transfer hari ini yah.!!”
Pembeli : “Maaf kak, saya lagi sibuk.” --- > Zonk (Gagal Closing)

Kalimat Negatif yang harus dihindari misalnya :
Penjual : “Kakak.. Jadi beli RPP BahasaIndonesia, Nggak.??”
Pembeli : “Nggak..” --- > Zonk (Gagal Closing)

Perhatikan CONTOH-CONTOH Follow Up berikut yang terbukti telah menghasilkan omset secara bertubi-tubi.

*** 
Pertama, SALAM & SAPA. Sangat simpel, sekedar menyapa tanpa embel-embel menagih atau meminta segera transfer.

Contohnya :
“Assalamualaikum Kak.. apa kabar hari ini, semoga segala aktivitasnya dimudahkan dan dilancarkah oleh Allah SWT. Aamiin…”

Biasanya klo customer yang mudeng pasti langsung ngeh dan sadar serta biasanya langsung jawab “Ooo… iya baik mbak, nanti siang saya transfer via Bank bla.. bla.. bla..”

*** 
Kedua, BRIDGING. Mengulang lalu menyambungkan pembicaraan sesuai dengan interaksi terakhir yang terputus mungkin karena saling ngotot tawar menawar.

Contohnya :
“Kakak.. dua hari yang lalu, udah tertarik membeli jilbab polos warna merah maroon dan biru dongker. Btw.. Hari ini promo terakhir lho kak.”

*** 
jualan asik, jualan online, bisnis online, jualan modal nol, jualan modal kecil, bisnis modal kecil, bisnis dari rumah, jualan dari rumah, reseller, dropshipper, jualan laris, jualan laris manis, laris manis.  Jualan, Bisnis, Menawar, mahal, Asik, Asyik, online, Rahasia, sosmed, facebook, customer, konsumen, penjual, belajar, mentoring, syarat dan ketentuan, market, evolution, pedagang, pedangang kecil, stok opnam, nem, ipk dan rangking, laris, gak laris, alasan, terbukti, menghasilkan, posting, postingan, omset, penjual, penjualan, laba, rugi, laba rugi, pendidikan, belajar.
Jualan Asik || Asra Hijab Store
Ketiga, PAKET UDAH READY. Klo ini sih agak sedikit nodong tapi emang harus seperti itu. Saran saya untuk barang-barang yang di keep oleh si calon pembeli sebaiknya berikan jeda hanya 2 – 3 hari saja, setelah itu barang boleh kita jual ke calon pembeli yang lain.

Contohnya :
“Kakak… Alhamdulillah, pesanannya sudah kami siapkan mau dikirim via logistik POS, JNE atau TIKI.??”

*** 
Keempat, MEMOTIVASI. Ini bisa kami lakukan jika memang si pembeli adalah customer loyal atau sudah menjadi reseller. Kadang ini diberikan untuk kembali menyegarkan semangat jualannya.

Contohnya :
“Semangat Pagi Kakak… salah satu kebiasaan baik dari orang-orang sukses adalah mereka melakukan take action dengan cepat dan tepat saat ada peluang yang datang. Gak menuda-nunda karena Ia tau bahwa peluang dan kesempatan itu kadang tidak datang dua kali.”

Intinya sih memotivasi agar tidak menunda-nunda dan segera mengambil tindakan dengan harapan segera mebeli dan merefresh kembali semangat jualannya.

*** 
Kelima, TAGIH. Hal ini dilakukan setelah 2 kali follow up tapi masih belum take action juga, biasanya ini terjadi di hari ke-4 atau hari ke-5.

Contohnya :
“Kakak… untuk pesanannya sudah kami siapkan dan sudah kami folluw up 2 hari yang lalu, tapi klo kakak tidak segera melakukan pembayaran maka kami akan re-stok ke gudang agar bisa dijual lagi oleh Tim Pejualan kami.
Gimana kak, apakah hari ini bisa segera di transfer via rekening bank BNI atau BRI.??”

*** 
jualan asik, jualan online, bisnis online, jualan modal nol, jualan modal kecil, bisnis modal kecil, bisnis dari rumah, jualan dari rumah, reseller, dropshipper, jualan laris, jualan laris manis, laris manis.  Jualan, Bisnis, Menawar, mahal, Asik, Asyik, online, Rahasia, sosmed, facebook, customer, konsumen, penjual, belajar, mentoring, syarat dan ketentuan, market, evolution, pedagang, pedangang kecil, stok opnam, nem, ipk dan rangking, laris, gak laris, alasan, terbukti, menghasilkan, posting, postingan, omset, penjual, penjualan, laba, rugi, laba rugi, pendidikan, belajar.
Jualan Asik || Asra Hijab Store
Keenam, Udah di Follow up tapi di-“READ” doang. Inilah kisah pilu penjual online, klo ngaku olshop pasti pernah mengalami hal ini. Saya doakan semoga sudah pernah mengalami bukan sering mengalami. Hehehe…

Jika sering mengalami berarti harus mulai insyaf, segera koreksi diri. Hal-hal apa yang kurang dalam proses penjualan Anda. Cek 4 Faktor terjadinya penjualan (transaksi) atau cek ulang lagi bagaimana cara menjaga reputasi bisnismu. Teruslah belajar... belajar dan belajar “jadilah pembelajar nan elok”.

Back to the point.. Chat di-R doang ama calon pembeli, apa yang harus dilakukan.??
Yang harus dilakukan adalah Iklaskan dan berikan doa yang terbaik untuk si calon pembeli yang suka PHP tersebut. Stop mencaci, Stop memaki.

Mental Jualan Asik anti maksa, anti memelas apalagi meminta-minta. Pembeli yang butuh penjual karena dengan produk barang/jasa yang kita miliki maka berbagai masalah si pembeli akan kita bantu untuk memecahkannya dan mensolusikannya.

Yakinlah bahwa rezeki itu datangnya dari Allah SWT, yakinlah bahwa rezeki itu tidak akan terturkar. Rezeki yang Anda peroleh adalah benar-benar dari Allah SWT dan merupakan hasil dari kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas yang telah Anda persembahkan untuk usaha dan bisnis yang Anda jalankan. Semangat…

Contohnya :
“Terikamasih kak sudah mampir di toko olshop kami, semoga semua kesibukan kakak dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah SWT. Sukses selalu untuk semua aktivitasnya”

Share pengalaman jualan Anda di kolom komen atau silahkan berkunjung ke tempat kami di PT. SARIPATI PENDIDIKAN INDONESIA.

Semoga bermanfaat…
Seingat Saya, ilmu tak akan berkurang ketika dibagikan. Malah sebaliknya.

jualan asik, jualan online, bisnis online, jualan modal nol, jualan modal kecil, bisnis modal kecil, bisnis dari rumah, jualan dari rumah, reseller, dropshipper, jualan laris, jualan laris manis, laris manis.  Jualan, Bisnis, Menawar, mahal, Asik, Asyik, online, Rahasia, sosmed, facebook, customer, konsumen, penjual, belajar, mentoring, syarat dan ketentuan, market, evolution, pedagang, pedangang kecil, stok opnam, nem, ipk dan rangking, laris, gak laris, alasan, terbukti, menghasilkan, posting, postingan, omset, penjual, penjualan, laba, rugi, laba rugi, pendidikan, belajar.
Jualan Asik
Salam Jualan Asik
🙏😊

2 Komentar untuk "6 MANFAAT FOLLOW UP & 6 TRIK ASIK MELAKUKAN FOLLOW UP KE CUSTOMER"

  1. teknik itu memang penting supaya pelanggan kita repeat order
    http://bit.ly/2FuAoqX

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir di website kami. Semoga sukses selalu untuk semua Aktivitas jualannya.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ARTIKEL TERKAIT