KI KD Marketing 2013 Revisi 2017

https://bisnisonline.guruindonesia.id/
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN


Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran (C2)
Mata Pelajaran : Marketing
Jam Pelajaran : 144 JP (@ 45 Menit) 

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu
(1) aspek kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial, 
(3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran      intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.




Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung- jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif  sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis dan Pemasaran.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami pasar
4.1 Melakukan klasifikasi pasar
3.2 Menganalisis pasar
4.2 Membuat laporan hasil analisis pasar
3.3 Menganalisis segmentasi pasar
4.3 Melakukan segmentasi pasar
3.4 Menerapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix)
4.4 Melakukan bauran pemasaran (marketing mix)
3.5 Menganalisis strategi segmentating, targeting dan potitioning produk
4.5 Melakukan segmentating, targeting dan potitioning produk
3.6 Menganalisis produk
4.6 Melakukan pengembangan produk
3.7 menganalisis siklus daur hidup produk
4.7 Menentukan daur hidup produk
3.8 Menerapkan strategi pemasaran barang dan jasa
4.8 Melakukan strategi pemasaran barang dan jasa
3.9 Menerapkan strategi merek
4.9 Membuat merek
3.10 Menerapkan promosi produk
4.10 Melakukan promosi produk
3.11 Menganalisis riset pasar dan informasi pemasaran
4.11 Melakukan riset pasar dan informasi pasar

Semoga materi tentang KI KD Administrasi Transaksi 2013 Revisi 2017 bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan materi pembelajaran siswa/i SMA khususnya dalam mata pelajaran Administrasi Transaksi.
Demikianlah penjelasan materi mengenai KI KD Administrasi Transaksi 2013 Revisi 2017  yang diperlukan dalam proses pembelajaran dalam bidang pembelajaran. Semoga artikel ini bermanfaat. Terkait dengan soal-soal dan pembahasan klik link disini.

Belum ada Komentar untuk "KI KD Marketing 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ARTIKEL TERKAIT