KI KD Simulasi dan Komunikasi Digital 2013 Revisi 2017.

KI KD Simulasi dan Komunikasi Digital 2013 Revisi 2017.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,salam sejahtra bagi kita semua semoga yang membaca artikel ini selalu di berikan kesehatan oleh Allah S.w.t,artikel kali ini adalah KI KD Simulasi dan Komunikasi Digital 2013 Revisi 2017,dan seputar digital.

Apakah anda tahu ,pada zaman dahulu atau sebelum zaman masehi manusi sudah menggunakan komunikasi digital?Manusi pada zaman purba menggunakan asap dari pembakaran untuk berkomunikasi jarak jauh,dengan begitu mereka dapat berkomunikasi antar sesama walupun kurang memadai seperti zaman sekarang ini,mereka mengunakan kode morse dalam komunikasi udara maupun laut,kode morse tersebut masih di gunakan para organisasi kepanduan seprti pramuka dan hizbul wathon,jika dibandingkan dengan zaman sekarang sudah berbeda sekali bukan?Sekarang era di gital semakin berkembang,  sekarang untuk berkomunikasi jarak jauh sudah tidak lagi mengunakan asap,kebayang kan jika zaman sekarang masih mengunakan metode itu,untung lah saat ini untuk berkomunikasi jarak jauh sangat lah mudah,tidak memerluka waktu yang lama,cukup hitungan menit bahkan detik kita bisa berkomunikasi sesama manusia walau jarak nya jauh sekali.Itu semua juga. 

Pengertian simulasi
Secara umum simulasi adalah suatu cara untuk menduplikasi atau menggambarkan ciri,tampilan dan karakter dari suatu sitem yang nyata.
Menurut pusat bahasa depdiknas(2005) Simulasi adalah satu metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan(imakan) yang mirip dengan keadaan sesungguhnya.

Sedangkan pengertian Digital berasal dari kata digitus,dalam bahasa yunani diartikan jari jemari,apabila kita hitung jari jemari orang dewasa,maka berjumlah sepuluh(10).nialai sepuluh tersebut merupakan suatu penggambaran dari suatu keadaan bilang  an yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on(bilangan biner).langsung saja berikut KI KD Simulasi dan Komunikasi Digital 2013 Revisi 2017.


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
 


Bidang Keahlian dddddd : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian dddd.d: Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian d...d: Bisnis Daring dan Pemasaran (C1)
Mata PelajaranBB.. B..BB.B: Simulasi dan Komunikasi Digital
Jam Pelajaran..............V.......DV: 108 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu
(1) aspek kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial, 
(3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri
sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga
      masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam

      ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
      Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital 
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 Menit)
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1     Menerapkan logika dan algoritma komputer
4.1     Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command)
3.2    Menerapkan metode peta- minda
4.2    Membuat peta-minda
3.3    Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif dan persuasif
4.3     Menyusun kembali format dokumen pengolah kata
3.4    Menerapkan logika dan operasi perhitungan data
4.4     Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka
3.5     Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide
4.5     Membuat slide untuk presentasi
3.6    Menerapkan teknik presentasi yang efektif
4.6     Melakukan presentasi yang efektif
3.7     Menganalisis pembuatan e- book
4.7     Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor
3.8    Memahami konsep Kewargaan Digital
4.8    Merumuskan etika Kewargaan Digital
3.9    Menerapkan teknik penelusuran Search Engine
4.9     Melakukan penelusuran informasi
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)
3.12 Merancang dokumen tahap pra-produksi
4.12 Membuat dokumen tahap pra-produksi
3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital
4.13 Memproduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital
3.14 Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital
4.14 Membuat laporan hasil pasca-produksi

Semoga materi tentang KI KD Simulasi dan Komunikasi Digital 2013 Revisi 2017.
bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan materi pembelajaran siswa/i SMA khususnya dalam mata pelajaran Administrasi Transaksi.
Demikianlah penjelasan materi mengenai KI KD Administrasi Transaksi 2013 Revisi 2017  yang diperlukan dalam proses pembelajaran dalam bidang pembelajaran. Semoga artikel ini bermanfaat. Terkait dengan soal-soal dan pembahasan klik link disini.

Belum ada Komentar untuk "KI KD Simulasi dan Komunikasi Digital 2013 Revisi 2017."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ARTIKEL TERKAIT