KI KD Ekonomi Bisnis 2013 Revisi 2019



https://bisnisonline.guruindonesia.id/
Ekonomi selalu menjadi bagian penting kehidupan masyarakat, kenapa demikian ? karena ekonomi erat hubungannya dengan kebutuhan manusia. Oleh karena itu kegiatan ekonomi banyak dilakukan manusia untuk memenuhi sebagian dari tuntutan hidupnya.

Kata ekonomi (economic) berasal dari bahasa Yunani yakni Oikonomia yang merupakan perpaduan antara Oikos dan Nomos.Oikos berarti rumah tangga dan nomos berarti pengaturan /aturan. Jadi oikonomos artinya adalah mengatur rumah tangga.

Rumah tangga yang dimaksud disini adalah ditinjau dalam arti luas yaitu setiap bentuk kerja sama manusia dalam mencapai kemakmuran yang didasarkan pada prinsip ekonomi, contohnya yaitu rumah tangga konsumsi, rumah tangga perusahaan, rumah tangga Negara, rumah tangga Dunia.Kesimpulan nya Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara atau usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya dalam mencapai kemakmuran dan kesejahteraan

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen 
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran (C1)

Mata Pelajaran : Ekonomi Bisnis 
Jam Pelajaran : 72 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu
(1) aspek kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri
sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



Mata Pelajaran : Ekonomi Bisnis 
Jam Pelajaran : 72 JP (@ 45 Menit)
KOMPETENSI DASAR 3
KOMPETENSI DASAR 4
3.15 Mengevaluasi masalah- masalah ekonomi
3.1     Memberikan solusi terhadap masalah ekonomi dilingkungannya
3.16 Menganalisis kelangkaan (hubungan antara sumber daya dengan kebutuhan manusia)
3.2     Memberikan solusi terhadap kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia dilingkungannya
3.17 Memahami Model, pelaku ekonomi, perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
3.3     Melakukan pengelompokkan model, pelaku ekonomi, perilaku konsumen dan produsen yang sesuai tuntutan perkembangan usaha
3.18 Menerapkan hukum permintaan, penawaran, konsep elastisitas dan harga keseimbangan pasar
3.4     Menentukan tingkat elastisitas permintaan, penawaran dan harga keseimbangan pasar suatu produk
3.19 Menerapkan langkah-langkah perhitungan biaya produksi dan keuntungan (teori biaya)
3.5     Melakukan perhitungan biaya produksi, dan keuntungan dalam kegiatan usaha
3.20 Memahami pasar monopoli, monopolistik dan oligopoly
3.6     Melakukan pengelompokkan pasar monopoli, monopolistik dan oligopoly
3.21 Menganalisis bentuk-bentuk badan usaha
3.7     Memilih bentuk-badan usaha yang sesuai dengan sistem ekonomi nasional
3.22 Menganalisis potensi usaha kecil dan menengah
3.8    Membuat rancangan usaha kecil/menengah sesuai potensi lingkungannya
3.23 Memahami Lembaga Keuangan
3.9 Mengklasifikasikan berbagai lembaga keuangan milik pemerintah dan swasta sesuai perkembangannya
3.24 Memahami hak dan kewajiban tenaga kerja berdasarkan undang-undang ketenagakerjaan
3.10 Melakukan identifikasi hak dan kewajiban tenaga kerja di lingkungan kerja
3.25 Menerapkan pembuatan dokumen perdagangan dalam dan luar negeri
3.11 Membuat dokumen yang diperlukan dalam lalulintas perdagangan dalam dan luar negeri
3.26 Menerapkan ilmu ekonomi dalam kegiatan usaha
3.12 Menggunakan konsep ilmu ekonomi dalam kegiatan usaha

Semoga materi tentangKI KD Ekonomi Bisnis 2013 Revisi 2019 bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan materi pembelajaran siswa/i SMA khususnya dalam mata pelajaran Ekonomi bisnis.
Demikianlah penjelasan materi mengenai KI KD Ekonomi Bisnis 2013 Revisi 2019 yang diperlukan dalam proses pembelajaran dalam bidang pembelajaran. Semoga artikel ini bermanfaat. Terkait dengan soal-soal dan pembahasan klik link disini.

Belum ada Komentar untuk "KI KD Ekonomi Bisnis 2013 Revisi 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ARTIKEL TERKAIT