KI-KD Komunikasi Bisnis Revisi terbaru


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR 
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN 

Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen 
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran (C2)
Mata Pelajaran : Komunikasi Bisnis
Jam Pelajaran : 180 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu. 
(1) aspek kompetensi sikap spiritual, 
(2) sikap sosial, 
(3) pengetahuan, dan 
(4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung- jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. 

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif  sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis dan Pemasaran.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Mata Pelajaran : Komunikasi Bisnis
Jam Pelajaran : 180 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1       Menerapkan komunikasi bisnis
4.1      Melakukan komunikasi bisnis
3.2      Menerapkan komunikasi bisnis dalam bahasa inggris
4.2      Melakukan komunikasi bisnis dalam bahasa Inggris
3.3      Menganalisis presentasi bisnis
4.3      Melakukan presentasi bisnis
3.4      Menganalisis produk dan pelayanan
4.4      Melakukan rekomendasi produk dan pelayanan
3.5       Menganalisis negosiasi bisnis
4.5       Melakukan negosiasi bisnis
3.6      Menganalisis hubungan dengan pelanggan
4.6      Membangun hubungan dengan pelanggan
3.7       Menerapkan prosedur penulisan surat niaga dalam bidang bisnis
4.7       Membuat surat niadga dalam bidang bisnis
3.8      Menerapkan penyelenggaraan rapat
4.8      Menyelenggarakan rapat
3.9      Menerapkan interview
4.9      Menyelenggarakan interview

Demikian lah Artikel tentang KI-KD Komunikasi Bisnis Revisi terbaru,untuk mendapat kan RPP Komunikasi Bisnis Klik DISINI

Belum ada Komentar untuk "KI-KD Komunikasi Bisnis Revisi terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ARTIKEL TERKAIT