KI KD Produk Kreatif dan Kewirausahaan 2013 Revisi 2019


KI KD Produk Kreatif dan Kewirausahaan 2013 Revisi 2019

bisnisonline.guruindonesia.id---Produk kreatif adalah produk yang berasal dari ide para wirausahawan yang bersifat baru sehingga tidak ada yang menyamai baik itu model, atau bentuk atau teksturnya (jika makanan).
Kewirausahaan adalah sikap dari wirausahawan yang semestinya, seperti kreatif, beriorientasi pada masa depan, dan lain-lain.

Pembahasan
Dalam berwirausaha, kita pasti memiliki fluktuasi kehidupan. Terkadang apa yang kita usahakan ini terlihat berhasil, namun terkadang terlihat gagal juga. Pasti dalam berwirausaha kita berprinsip bahwa mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dengan modal yang terbatas. Namun, gagal seringkali menjadi teman bagi para wirausaha. Untuk meminimalisir kegagalan, seseorang harus memiliki sikap wirausaha yaitu

⇔ Kreatif dan Produktif
Seseorang wirausaha harus memiliki jiwa kreatif dan produktif. Kreatif artinya dia menciptakan produk tanpa meniru unsur dari produk lai dan produktif artinya dia terus memproduksi barang.

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/19718580#readmore
Bidang Keahlian          : Bisnis dan Manajemen 
Program Keahlian       : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran (C3)
Mata Pelajaran            : Produk Kreatif dan Kewirausahaan 
Jam Pelajaran              : 524 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada  tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis Daring dan Pemasaran.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan Jam Pelajaran           : 524 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1      Memahami kewirausahawan dan wirausaha
4.1      Melakukan pengelompokan karakter wirausaha
3.2     Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa
4.2     Merencanakan produk usaha
3.3     Menerapkan dokumen administrasi usaha
4.3     Membuat dokumen usaha
3.4     Menganalisis kebutuhan sumberdaya usaha
4.4     Membuat perencanaan kebutuhan sumberdaya usaha
3.5    Menganalisis sistem layanan usaha
4.5    Merencanakan sistem layanan usaha
3.6     Menerapkan layanan usaha
4.6    Melakukan layanan usaha
3.7     Menerapkan media promosi pemasaran
4.7     Membuat media promosi untuk pemasanan
3.8     Menghitung harga pokok produksi
4.8     Menentukan BEP dan keuntungan usaha
3.9     Menganalisis pemasaran produk
4.9     Melakukan pemasaran produk
3.10 Menganalisis laporan keuangan sederhana
4.10 Membuat laporan keuangan sederhana
3.11 Mengevaluasi hasil kegiatan usaha
4.11 Membuat perencanaan tindak lanjut hasil evaluasi usaha
3.12 Menerapkan media promosi untuk pemasaran online
4.12 Membuat media promosi untuk pemasaran online
3.13 Menganalisis pemasaran
online
4.13 Melakukan pemasaran online
3.14 Menerapkan pengajuan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
4.14 Membuat pengajuan dokumen untuk perolehan HAKI
Senoga Artikel KI KD Produk Kreatif dan Kewirausahaan 2013 Revisi 2019 bermanfaat dan menambah informasi,Sekian Terimakasih

Belum ada Komentar untuk "KI KD Produk Kreatif dan Kewirausahaan 2013 Revisi 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ARTIKEL TERKAIT